RSS Badilag

Badilag | Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia
  1. Kepada Yth. 

    1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama

    Seluruh Indonesia

    Assalamu alaikum wr. wb.

    Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 243/DJA.1/KU.00/1/2021, tanggal 25 Januari 2021, perihal "Undangan Kegiatan Rekonsiliasi dan Konsolidasi DIPA 005.04 Semester II/Tahunan Tahun 2020".Demikian, terima kasih.

    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    Untuk mendownload surat KLIK DISINI

  2. Arah Baru Lembaga Peradilan di Masa Pandemi

    Oleh : Adeng Septi Irawan, S.H.*)

    Masa Pandemi Covid-19 yang melanda Negeri ini tak kunjung reda, bahkan setiap hari jumlah orang yang terpapar virus corona semakin hari semakin bertambah besar. Semua sektor di setiap lini negara ini tengah mengalami kelumpuhan total akibat wabah yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Namun, bukan menjadi halangan, perlahan tapi pasti beberapa terobosan pun dilakukan oleh Pemerintah guna mengembalikan ke arah semula semua sektor yang sekarat dan nyaris tak berdaya di tengah badai virus Sars Cov-19 tersebut.

    Konsep New Normal yang digagas oleh Pemerintah bukanlah tanpa alasan, butuh kajian panjang dan resolusi dampak yang akan terjadi jika konsep lock down atau PSBB tetap dilanjutkan. Meski demikian, terobosan terobosan di dunia birokrasi dan pemerintahan terus dilakukan dalam mengurangi sekaligus menekan penyebaran virus tersebut. Termasuk Mahkamah Agung yang merupakan lembaga peradilan (yudikatif) turut serta dalam rangka melakukan inovasi-inovasi yang cukup efektif dan efisien dilakukan di tengah masa pandemi. Baru-baru ini Mahkamah Agung menggaungkan peradilan secara elektronik (e-Court) yang telah dikonsep sejak tahun 2019 lalu dengan membentuk Peraturan Mahkamah Agung (Perma).

    Selengkapnya KLIK DISINI

     

     

  3. Kepada Yth. 

    1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama

    Seluruh Indonesia

    Assalamu alaikum wr. wb.

    Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama  MA RI Nomor : 230/DJA.2/HM.02.3/1/2021, tanggal 21 Januari 2021, perihal "Revisi Persiapan Pelaksanaan Eksaminasi Hakim Peradilan Agama Secara Elektronik Melalui Aplikasi E-Eksaminasi Tahap I Tahun 2021".Demikian, terima kasih.

    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    Untuk mendownload surat , klik link dibawah ini :

    Revisi Surat Persiapan Pelaksanaan E-Eksaminasi Tahap I Tahun 2021