Seputar Peradilan

 

Rapat Pengadilan Tinggi Agama Dan Pengadilan Agama Sewilayah Jawa Barat

 

Pada tanggal 24 September 2018, bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat telah diadakan Rapat Kordinasi PTA Jabar dan PA sewilayah Jabar. Rapat tersebut diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua dan Panitera Pengadilan Agama sewilayah Jawa Barat. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Ketua Kamar Agama Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. 
rapat1
Dalam sambutan pembukaannya KPTA Jawa Barat. Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. agenda rapat kali ini adalah tentang penghargaan kepada pemenang lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang telah diraih oleh Pengadilan Agama Bandung sebagai juara I untuk katagori kelas I A, Juara I oleh Pengadilan Agama kelas IB yaitu Pengadilan Agama Purwakarta, Juara Umum Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diraih oleh PTA Jawa Barat serta Juara II pertandingan tenis Mahkamah Agung Cup di Bali untuk tenis beregu putra.
rapat2
Dr. Drs. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M. yang juga hadir dalam rapat tersebut mengatakan kita baru saja kehilangan sosok pejuang yang gigih dalam memperjuangkan lahirnya Undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama. Dr. H. Zainudin Fajari, mantan KPTA Jawa Barat telah meninggalkan kita untuk selamanya, namun hendaknya keberhasilan yang telah diraih hendaknya tetap dipertahankan karena upaya untuk menghilangkan kewenangan tetap berlangsung sampai saat ini, seperti kewenangan tentang perubahan identitas yang ada pada buku nikah pada Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 dimana dalam konsiderannya menyebut nama Pengadilan Agama tetapi di dalam pasalnya menyebut Pengadilan Negeri, ole karenanya menurut beliau diterima saja perkara perubahan identitas pada buku nikah karena pasal-pasal itu berdasarkan konsiderannya.
rapat3
Di akhir rapat kepada pemenang lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama untuk kelas IA,  Pengadilan Agama Bandung, untuk kelas IB Pengadilan Agama Purwakarta,  juara umum lomba PTSP Pengadilan Agama yaitu PTA Jabar, serta juara II pertandingan tenis Mahkamah Agung Cup 2018 diminta untuk maju kedepan untuk diberi penghargaan atas sumbangsihnya mengharumkan nama Pengadilan Agama khususnya Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan Pengadilan Agama sewilayah Jawa Barat.
rapat4

Diakhir acara diadakan foto bersama antara pemenang lomba tersebut di atas dengan Ketua Kamar Agama, Ketua Pengadilan Tinggi Agama dan Wakil Ketua PTA Jabar.