Seputar Peradilan

PPA Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum Uin Bandung

Untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mendalam bagi para mahasiswanya, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengirimkan sebanyak 24 mahasiswanya  ke Pengadilan Agama Purwakarta selama 2 pekan sejak akhir bulan Juni hingga pertengahan bulan Juli 2019, dengan tujuan utamanya untuk mengamati sekaligus mempelajari secara langsung mengenai proses pemeriksaan perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama Purwakarta.

audensiUin1

Selama 2 pekan berlangsung, Mahasiswa tidak hanya mempelajari secara langsung proses persidangan, tetapi juga mempelajari proses pemeriksaan perkara dari sejak pendaftaran perkara hingga penerimaan salinan putusan. Bahkan beberapa di antaranya juga dilibatkan dalam proses pengelolaan arsip perkara. Mahasiswa juga diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bertanya jika menemukan persoalan atau sesuatu yang belum jelas dan tidak ditemukan selama mengikuti perkuliahan di kampus. Pertanyaan dapat diajukan selain kepada dosen pengampu, juga kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Purwakarta dari berbagai unsur, baik para hakim, pegawai kesekretariatan maupun kepaniteraan. Selain itu mahasiswa juga dibimbing secara langsung dalam persidangan semu dengan mengambil contoh perkara yang diperiksa dan diselesaikan oleh Pengadilan Agama Purwakarta.

audensiUin2

Pelaksanaan PPA (Praktek Peradilan Agama) diakhiri dengan acara Penutupan & Penarikan Mahasiswa pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 yang diawali dengan penampilan simulasi atau persidangan semu yang diperankan oleh hampir seluruh mahasiswa PPA. Simulasi berjalan cukup lancar dan menarik perhatian seluruh audien yang mengikuti rangkaian acara penutupan. Sebagai ucapan rasa terimakasih, Dosen Pengampu PPA memberikan cendra mata kepada Drs. Amril Mawardi, S.H, M.H. selaku Wakil Ketua Pegadilan Agama Purwakarta. Sebagai penutup acara, dilakukan pembacaan do’a disambung dengan acara ramah tamah.

audensiUin3